Tuesday, January 11, 2011

Ramadhan Q

Ramadhan Al Ikhlas di tahun ketiga ini sedikit berbeda dengan Ramadhan sebelumnya. Karena kegiatannya kami lakukan full day.

Kali ini para siswa diajak untuk berpuasa di sekolah dan melakukan kegiatan di sekolah, ada Sholat berjamaah, Berbuka dan Sahur bersama, Sandwich Party dan berbagai macam lainnya. Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan siswa:





Shalat Berjama'ah
Kali ini shalat dilakukan berjamaah di Masjid Nurul Iman, karena kebetulan sekolah belum memiliki mushola. Dan para siswa pun bergantian yang menjadi imam.






Berbagi Takjil
Sore hari sekitar pukul 16.00 WIB adalah waktunya siswa belajar berbagi kepada saudaranya. Dari rumah siswa membawa takjil yang sudah dibungkus plastik. Semangat berbagi mereka luar biasa. Mereka menghentikan beberapa kendaran dan orang-orang yang berjalan di lingkungan sekolah dengan mengucap "met berbuka ya pak" ; "met berbuka ya buk"; "mas-mas stop, ini takjil gratis, met berbuka ya"; "lho ndak usah bayar pak.. beneran gratis..met berbuka"



Dongeng oleh Yanda Yudi
Sambil menunggu bedug maghrib berkumandang, siswa kami ajak untuk mendengarkan dongeng. Pak prof yang satu ini memang cara dongengnya tak da yang ngalahin. Semua anak begitu fokus mendengarkan. Kali ini temanya adalah cerita nabi dengan menggunakan media wayang.

 



Berbuka dan Sahur Bersama
 



 Sandwich Party
 Biar tambah menyenangkan, dan bikin murid 
 ketagihan untuk acara Ramadhan di tahun
 selanjutnya, Al Ikhlas mengadakan sandwich
 party. Seluruh siswa sebelum kegiatan ini
 selalu bertanya "Yanda pesta sandwich itu 
 kayak apa sih?"... "Bunda sandwich itu 
 apa?". Kami hanya tersenyum saja dan
 berkata "Jawabannya nanti malam"





Pesta Kembang Api
Bangun tidur ... kemudian dilanjutkan sahur dan salat subuh, ada acara kejutan yang sengaja tidak kami cantumkan pada draft acara di siswa. Yakni acara kembang api, hal ini kami lakukan sebagai ucapan selamat kepada siswa karena sudah melaksanakan ibadah puasa meski masih kelas dasar, terutama bagi kelas 1. Sayangnya kamera Al Ikhlas tidak bisa mendokumentasikan keramaian siswa melihat kembang api.

           

Go Home
It's time to go home. Tepat pukul  06.00 seluruh siswa berkumpul dan bersiap-siap pulang. Sebelum pulang mereka saling bermaaf-maafan dan berpamitan. Sampai berjumpa di Ramadhan tahun depan
 

Bagikan

Jangan lewatkan

Ramadhan Q
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.