Saturday, October 30, 2010

Manis, asem, asin rame rasanya … !!!

Waktu itu pelajaran IPA sudah sampai pada materi mengenal rasa. Untuk mengenalkan macam-macam rasa pada siswa, kami melakukan permainan tebak rasa. Kami
menyiapkan mangkuk-mangkuk kecil berisi air yang telah dicampur dengan sesuatu sehingga sesuai dengan macam-macam rasa yang ada. Waktu itu kami menyiapkan lima mangkuk kecil yang masing-masing isinya mempunyai rasa berbeda-beda. Ada mangkuk yang berisi air rasa tawar, asin, manis, pahit dan asam.

Sebelumnya, siswa tidak diberi tahu apa rasa air yang ada di dalam mangkuk. Mereka harus merasakan sendiri dengan cara mencicipi larutan tersebut satu persatu. Setelah mencicipi, siswa harus menuliskan rasa apa yang mereka rasakan pada buku tulis. Misalnya mangkuk nomor satu rasa asin, mangkuk nomor dua rasa manis, dan seterusnya. Dengan begitu, siswa akan mengetahui bermacam-macam rasa dengan cara merasakan sendiri secara langsung larutan yang telah disediakan.

Awalnya ada beberapa siswa yang tidak mau mencicipi larutan yang ada, karena mereka tidak mau merasakan larutan yang rasanya pahit. Namun setelah melihat beberapa temannya mencicipi, akhirnya merekapun tertarik juga untuk merasakan rasa air yang ada didalam mangkuk. Ekspresi mereka saat itu bermacam-macam, apalagi waktu mereka merasakan larutan rasa pahit atau asam, ekspresi mereka terlihat sangat lucu. Saat salah satu siswa mendapat giliran untuk mencicipi, siswa yang lain akan berteriak menyemangati temannya. Hal inilah yang membuat siswa bersemangat mengikuti permainan tebak rasa kali ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Manis, asem, asin rame rasanya … !!!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.