Saturday, October 30, 2010

Cerdas, Kreatif dan Berani di Bumi Karangkates

Bunda Sifa'ul olahraga ma anak-anak
Wisata Bendungan Karangkates semakin ceria dengan kehadiran rombongan SD Bilingual Al Ikhlas dalam rangka kegiatan outbound mingguan. Yang menambah semarak adalah kehadiran para wali murid yang ikut belajar dan bermain di setiap rangkaian acara. Selain itu kehadiran Abi Wahyudi Siswanto (Pakar Pendidikan Ramah Anak), bunda Sifa’ul Hasanah Spd (Kepsek SDBI) dan Partner baru Abi Ahmad Saifuddin yang familiar dipanggil Abi Arab oleh para siswa menambah spirit tersendiri bagi kami semua.

Yuk dihitung bareng..5..6....
Outbound kali ini dilakukan di hari Jum’at tanggal 10 April 2009. Berangkat pukul 07.30 dan kegiatan selesai pukul 11.00. Dari 22 siswa yang ikut, dibagi menjadi 4 kelompok. Nama-nama kelompok disesuaikan dengan materi pelajaran yang telah diterima yakni kelompok Makanan, kelompok Pegas, kelompok Magnet dan kelompok Bahan Bakar. Penamaan dengan nama-nama tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai sumber energi . Oleh karenanya yel-yel yang dibuat pun berkenaan dengan nama kelompok yang ada.

bermain warna
Di bumi Karangkates seluruh siswa diuji dalam 3 kategori yakni uji kecerdasan, uji kreativitas dan uji keberanian. Uji kecerdasan dilakukan di Pondok Kecerdasan, di sini para siswa mendapat tantangan untuk mencari soal yang telah disembunyikan di suatu tempat. Nama tempat persembunyian soal pun dibuat teka-teki oleh para bundanya, misalnya saja pada kelompok bahan bakar, soal kelompok tersebut disembunyikan di patung pohon jamur yang besar. Sang bunda pun memberikan instruksi “Soalnya disembunyikan di sebuah patung tanaman yang bentuknya kayak payung, tanaman ini ada yang bisa dimakan dan namun ada juga yang beracun, selain itu tanaman ini suka hidup di tempat yang lembab seperti kayu yang tua/lapuk”. Setelah menemukan soal, tiap kelompok pun wajib untuk mengerjakannya.



Selanjutnya dilakukan uji kreativitas, uji kreativitas ini dilakukan di Pondok Kreatif, di sini para wali murid sudah menyediakan peralatan yang harus digunakan para siswa untuk memulai pekerjaannya. Kali ini para siswa dituntut kreativitas, kesabaran dan ketelatenannya untuk bermain warna di lembaran kertas manila putih yang sudah ditempeli dedaunan.


Hati-hati kepleset....
Tantangan terakhir yang harus dilalui Al Ikhlas crew adalah berjalan di atas bambu di Pondok Keberanian. Disini para siswa belajar tentang keberanian dan keseimbangan. Sangat seru pada uji ini. Semuanya saling menyemangati para buah hati untuk terus MELANGKAH dengan JIWA PEMBERANI.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cerdas, Kreatif dan Berani di Bumi Karangkates
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.